Aplikasi Bibit: Ini Keunggulan, Fitur dan Cara Daftarnya, Sangat Mudah!

aplikasi reksadana bibit


Tahun lalu aku penasaran banget sama yang namanya investasi. Sebagai fresh graduate yang baru mendapatkan pekerjaan, menurtuku itu hal yang wajar. Aku ingin gaji yang aku dapatkan nggak hasil secara percuma dan nggak jelas, makanya aku mulai investasi. Ada beberapa jenis investasi yang aku coba, salah satunya adalah aplikasi Bibit.

Bisa dibilang aplikasi reksadana terbaik Bibit ini pada akhirnya yang membuatku tetap tinggal. Bisa dibilang Bibit adalah jawaban dari pencarianku selama ini, wkwkwk. Hingga saat ini, aku sudah setengah tahun lebih menggunakan aplikasi ini.

Lalu apa sih yang membuatku betah dan sayang sama aplikasi Bibit ini? Lalu apa saja keunggulan yang membuatku bertahan dengan aplikasi ini? Actually aku pernah membahas aplikasi Bibit di Terminal Mojok (ini linknya) tapi di sini aku akan bahas lebih lanjut lagi.

Jadi, buat Teman Review yang lagi pengen coba Bibit tapi masih ragu, bisa jadi artikel ini adalah solusi dari keraguan Teman Review selama ini, hehe. Jadi baca sampai selesai ya!


Apa Itu Aplikasi Bibit dan Apa Keunggulannya?

aplikasi bibit


Aplikasi Reksadana Bibit merupakan aplikasi reksadana yang akan memudahkan penggunanya dalam melakukan investasi reksadana secara online. Aku sendiri sudah memulai investasi di Bibit ini sejak Maret 2021 dan sejauh ini menurut saya Bibit adalah aplikasi reksadana paling recomended.

Ada beberapa alasan mengapa aplikasi Bibit ini saya pilih dan menjadi favorit saya sejauh ini, yaitu:

  1. Memulai investasi di apliaksi Bibit sangat mudah. Teman cukup downlod aplikasi Bibit di Google Playstore atau App Store, kemudian lakukan pendaftaran. Untuk mendaftar diperlukan KTP dan juga rekening bank;
  2. Aku suka tampilan aplikasi reksadana Bibit ini karena menurutku sangat eyecatching dan buat pemula kayak aku nggak membingungkan;
  3. Bisa dapat cashback;
  4. Tidak ada biaya admin, khususnya bagi Teman yang memilih jenis reksadana dengan bank penampung sama seperti rekening bank yang Teman gunakan.


Fitur-Fitur Aplikasi Reksadana Bibit

Ada beberapa fitur aplikasi Bibit reksadana yang dapat Teman nikmati, apa saja?

1. Robo Advisor

Fitur pertama yang dapat Teman nikmati di aplikasi Bibit adalah Robo Advisor. Robo Advisor merupakan fitur yang akan membantu Teman menentukan produk reksadana terbaik.

Untuk menggunakan Robo Advisor ini, Teman perlu mengisi data-data yang akan menentukan profil risiko. Dari profil risiko yang Teman miliki ini, Roba Advisor akan membantu Teman memilih jenis reksadana terbaik.

Teman tidak wajib menggunakan Robo Advisor ini. Jika Teman ingin melakukan pembelian dengan pilihan sendiri juga tetap bisa.

2. Tutorial

Fitur kedua yang terdapat dalam aplikasi Bibit adalah fitur tutorial. Tidak dipungkiri bagi investor pemula yang baru mencoba investasi reksadana online pasti akan mengalami kesulitan. Dengan adanya fitur tutorial ini, Teman akan dimudahkan karena akan mendapatkan panduan menggunakan aplikasi Bibit.

3. Bibit Syariah

Buat Teman yang ingin menghindari riba, Bibit memiliki fitur Bibit Syariah dimana produk-produk reksadana yang muncul hanya yang masuk kategori syariah. Teman cukup mengaktifkan fitur Bibit Syariah yang ada pada menu profil.

4. Nabung Rutin

Selain Bibit Syariah, Teman juga bisa melakukan nabung rutin menggunakan aplikasi reksadana satu ini. Teman bisa mengatur fitur satu ini melalui menu Home kemudian pilih Nabung Rutin yang ada di samping Portofolio.

Salah satu kelebihan dari fitur Nabung Rutin ini adalah Teman bisa melakukan investasi secara otomatis setiap bulan.

5. Gift Card

Ingin memberikan hadiah kepada teman, keluarga, atau kekasih hati berupa reksadana? Bibit memberikan kemudahan tersebut melalui fitur Gift Card. Gift Card ini merupakan kartu hadiah berupa reksadana yang dapat dijadikan hadiah kepada orang tersayang.

Untuk mengakses Gift Card ini, Teman cukup menuju menu Profil kemudian pilih Gift Card kemudian pilih jenis hadiah dan jenis reksadana yang akan dijadikan hadiah kepada orang tersayang.

6. Cashback dan Kode Referal

Fitur selanjutnya yang tidak ketinggalan ada di aplikasi Bibit adalah cashback dan referral. Ada berbagai program cashback yang dapat Teman nikmati di aplikasi Bibit ini, mulai dari menggunakan kode referral teman saat mendaftar hingga top-up dengan syarat-syarat yang berlaku.

Teman juga bisa mendapatkan cahsback jika ada pengguna baru yang menggunakan kode referral Teman saat mendaftar. Enak, bukan?

7. Support Bibit

Teman memiliki pertanyaan terkait Bibit Reksadana ini? Tim support Bibit siap melayani Teman dan menjawab semua pertanyaan-pertanyaan teman.

Cara Daftar Aplikasi Bibit

aplikasi bibit


Setelah mengetahui fitur-fitur yang ada di Bibit, lalu bagaimana cara daftar aplikasi satu ini? Buat Teman yang ingin mengetahuinya, Teman bisa menyimak cara daftar Bibit yang akan dijelaskan di bawah ini:

  1. Download aplikasi Bibit yang ada di Google Playstore atau App Store;
  2. Setelah didownload, begitu membuka aplikasi ini, Teman akan diminta register. Segera lakukan register;
  3. Jawab beberapa pertanyaan kuesioner yang akan menentukan profil risiko;
  4. Lanjutkan registrasi. Di sini Teman akan diminta mengisi data-data seperti nomor handphone dan kode verifikasi yang dikirim ke nomor HP, kemudian isi data-data lainnya seperti nama, email, nomor rekening dan bank, hingga foto KTP dan foto selfi bersama KTP, pengisian NIK, tanda tangan dan terakhir masukkan PIN;
  5. Bibit dan KSEI akan melakukan proses verifikasi data-data yang telah Teman masukan. Verifikasi ini membutuhkan waktu sekitar 1x24 jam.

Pengalaman Menggunakan Aplikasi Reksadana Bibit

Aku pertama kali mengenal Bibit saat sedang mencari produk investasi terbaik dan paling cocok untukku. Tujuan investasiku saat itu adalah ingin menabung sekaligus mengamankan uang yang kumiliki dari belanja online, wkwkwk.

Belanja online memang godaan terbesar di tengah pandemi seperti sekarang ini. Melakukan investasi secara online menurutku cara ampuh agar bisa tetap mengontrol pengeluaran ini. Aku sendiri sudah menggunakan Bibit ini lebih dari setengah tahun dan sejauh ini aku sangat menyukainya.

Ada beberapa poin yang membuat aku sangat suka dengan aplikasi Bibit ini dan menjadinya sebagai aplikasi investasi reksadana terbaik, yakni:

  1. Investasi dapat dimulai dari nominal kecil, yakni Rp10 ribu, tergantung produk investasi yang dipilih;
  2. Proses pencairan atau penarikan yang lumayan cepat yakni hanya sekitar 3 hari;
  3. Tampilan Bibit yang enak di mata dan cocok bagi pemula seperti aku;
  4. Tidak ada biasa admin tambahan, selagi bank penampung sama dengan bank yang digunakan.

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai keunggulan dan cara daftar aplikasi Bibit reksadana yang dapat Teman ikuti. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel-artikel lainnya di Teman Review. Terima kasih.


0 Comments

Posting Komentar