Rekomendasi Aplikasi Rekdasana Terbaik untuk Investasi, Apa Saja?

 

aplikasi reksadana


Seiring dengan perkembangan teknologi seperti saat ini, investasi menjadi bagian yang banyak diminati generasi muda. Apakah kamu juga tertarik dengan investasi ini? Jika iya, sudahkah mengetahui investasi reksadana dan aplikasi reksadana terbaik untuk investasimu?

Investasi reksadana dipilih karena investasi ini 'lebih aman' jika dibandingkan investasi saham dan sejenisnya. Selain itu, untuk memulai investasi ini kamu juga tidak perlu mengeluarkan modal yang besar. Dengan perkembangan teknologi yang ada, kamu bisa memulai investasi reksadana di bawah Rp10 ribu saja.

Buat kamu yang ingin memulai investasi reksadana ini, aplikasi reksadana apa yang kamu pilih? Berikut beberapa rekomendasi aplikasi investasi reksadana yang bisa menjadi pilihan kamu yang ingin memulai investasi satu ini:

1. Aplikasi Bibit


aplikasi bibit


Bibit merupakan platform digital yang diperuntukan bagi kamu yang ingin memulai investasi reksadana dengan mudah. Aku termasuk salah satu pengguna aplikasi Bibit yang sudah menggunakannya lebih dari setengah tahun.

Alasan memilih aplikasi Bibit adalah karena aplikasi satu ini lebih simpel dan untuk transaksi di aplikasi ini juga sangat mudah, baik itu untuk pembelian reksadana atau untuk penjualan reksadana. Bagi para pemula, Bibit ini sangat cocok karena mudha untuk digunakan.

Selain itu, Bibit juga menyediakan cashback dengan syarat-syarat yang berlaku, misalnya adalah dengan Bank Jago atau dengan memasukan kode referal. Ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi Bibit ini, yaitu:

  • Terdapat fitur Robo Advisor yang akan membantu investor memilih produk reksadana sesuai profil risiko. Di sini kamu akan diminta mengisi informasi data diri sehingga diketahui profil risiko dan dari sini nanti Robo Advisor akan membantu memilih produk reksadana paling cocok untukmu.
  • Tampilan Bibit sangat modern dan mudah digunakan, bahkan untuk investor pemula.
  • Bibit memiliki customer service yang ramah dan merespon pengguna dengan cepat.
  • Kamu tidak perlu membayar biaya tambahan untuk investasi di Bibit.
  • Bibit memiliki berbagai promo yang menarik.
  • Terdapat fitur untuk Bibit Syariah.
Sedangkan untuk kekurangan Bibit, jika dibandingkan dengan aplikasi lainnya pilihan produk reksadana di Bibit masih lebih sedikit.

2. Aplikasi Bareksa


aplikasi reksadana terbaik


Aplikasi investasi reksadana kedua yang bisa menjadi pilihan adalah aplikasi dari Bareksa. Bareksa merupakan platform investasi reksadana pertama yang ada di Indonesia. Jika kamu sedang mencari aplikasi yang menyediakan berbagai pilihan produk reksadana, Bareksa ini menjadi pilihan tepat.

Bareksa sendiri telah didirikan sejak tahun 2013 dan pada tahun 2016 platform satu ini telah terdaftar secara resmi di OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Ada berbagai jenis produk reksadana yang dapat kamu pilih di Bareksa ini, mulai dari reksadana pasar uang, reksadana saham, reksadana campuran, hingga reksadana pendapatan tetap juga ada di Bareksa.

Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Bareksa:

  • Menyediakan banyak pilihan produk reksadana
  • Bareksa dapat diakses dengan mudah di PC dan juga smartphone
  • Aplikasi Bareksa cukup ringan untuk diinstal di smartphone
  • Bareksa merupakan aplikasi reksadana pertama di Indonesia, jadi lebih berpengalaman
 
Sedangkan untuk kekurangan, berikut beberapa kekurangan yang dimiliki oleh Bareksa:
  • Bareksa memiliki alur yang cukup rumit khusus buat pengguna yang masih pemula
  • Tampilan aplikasi Bareksa kuno dan kurang modern
  • Untuk pembelian reksadana minimal Rp50 ribu
  • Customer service Bareksa kurang responsif.

3. Aplikasi Ajaib


aplikasi reksadana terbaik


Aku pribadi mengetahui aplikasi Ajaib setelah aplikasi satu ini menggaet Kim Seon-ho sebagai brand ambassador. Aku sempat menginstal aplikasi ini tapi akhirnya aku uninstal. Kenapa? Jawabannya karena pilihan reksadana di Ajaib lebih sedikit jika dibandingkan Bibit dan Bareksa.

Tapi buat kamu yang sedang mencari aplikasi yang tidak hanya menyediakan investasi reksadana, tapi juga investasi saham, Ajaib ini bisa menjadi pilihan tepat. Ajaib menyediakan produk investasi saham dan juga reksadana. Jika dibandingkan dengan saham yang ada di Ajaib, pilihan produk reksadana di Ajaib memang lebih sedikit.

Ada beberapa kelebihan yang dimiliki aplikasi Ajaib ini, apa saja?

  • Aplikasi Ajaib berukuran kecil sehingga ringan untuk diinstal di smartphone
  • Proses pendaftaran investor di Ajaib terbilang mudah dan juga cepat
  • Kamu sebagai pengguna mendapatkan fasilitas konsultasi gratis dari Ajaib
  • Bisa untuk investasi saham

Sedangkan untuk kekurangan, Ajaib memiliki beberapa kekurangan, yaitu:
  • Produk reksadana di Ajaib lebih sedikit dibandingkan Bibit dan Bareksa
  • Kamu wajib mendaftar RDN (Rekening Dana Nasabah) karena Ajaib gabung dengan investasi saham
  • Fitur investasi reksadana yang dimiliki Ajaib masih sedikit.

4. Tokopedia


aplikasi reksadana


Buat kamu menggunaka Tokopedia dan ingin memulai investasi reksadana, Tokopedia menyediakan fitur Reksa Dana Tokopedia untuk memulai investasi reksadana dengan mudah. Reksadana Tokopedia merupakan kerjasama antara Tokopedia dengan Bareksa, jadi bisa dipastikan pilihan reksadana yang ada di Tokopedia tidak akan berbeda jauh dengan yang ada di Bareksa.

Karena berada di satu platform yakni Tokopedia pastinya Reksadana Tokopedia lebih mudah untuk digunakan. Kamu bisa investasi melalui e-money OVO seperti halnya saat kamu belanja di Tokopedia. Selain itu, untuk memulai investasi di Tokopedia kamu juga bisa memulainya dengan dana yang kecil, yakni mulai dari Rp10 ribu.

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai aplikasi investasi reksadana yang dapat kamu coba. Investasi merupakan sesuatu yang dilakukan untuk mencapai tujuan keuangan. Jadi, pastikan sebelum kamu melakukan investasi, kamu sudah memahami apa tujuan keuanganmu.




0 Comments

Posting Komentar